Rabu, 27 Oktober 2010

" Seorang PENDETA Di permalukan Insan Mokoginta Wenceslaus, ustadz yang mantan Kristen. "

Empat tahun lalu, Indarwati–bukan nama sebenarnya–menikah secara Islam dengan seorang pemuda. Seluruh keluarga merestui pernikahan itu, karena menganggap mempelai pria itu Muslim yang taat. Belakangan, setelah Indar dikaruniai anak, keluarganya baru tahu jika suaminya seorang pendeta. Ia berkilah, kekristenannya ia terima setelah menikah. Saat ini, Indar pun sudah mengikuti jejak suaminya menjadi aktivis gereja. Bahkan, seorang adiknya juga masuk Kristen. Kekristenan Indar dan adiknya terungkap ketika ia berusaha mempengaruhi kakaknya, orang tua, dan pamannya agar masuk Kristen. Ajakan ini menimbulkan keretakan keluarga, karena sang paman adalah aktivis PII (Pelajar Islam Indonesia).



“Siapa sebenarnya yang mempengaruhimu kok sekarang jadi seperti ini?” tanya sang paman lagi.



”Kalau Paman ingin tahu jawabannya, nanti saya panggil pendeta saya. Pendeta Samuel Hermawan adalah ahli Islamologi, lulusan pesantren dan STAIN Bandung. Paman bisa bertanya sepuasnya tentang kristen pada dia,” jawab Indra.



Maka disepakatilah pertemuan di rumah sang paman. Ahad malam (15 November 2009), pertemuan dilangsungkan di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Karena penasaran ada lulusan pesantren dan sarjana Islam yang pindah iman, sang paman mengundang sanak saudara dan tetangganya. Tidak lupa, ia juga mengundang Insan Mokoginta Wenceslaus, ustadz yang mantan Kristen.




Pendeta Samuel Hermawan juga temani beberapa pendeta, pekerja gereja, dan jemaatnya. Dengan batik coklat dan dandanan klemis, ia tampil percaya diri. Seluruh materi disiapkannya dalam laptop dan infocus, lengkap dengan seorang wanita yang jadi operatornya.



Jam 08.00 Wib dialog dimulai. Samuel menerangkan ketuhanan Yesus berdasarkan ayat-ayat al-Qur’an. Insanyang tak asing dengan makalah ini menyela, “Maaf Pak Pendeta, paparan ini sebenarnya bukan pemikiran Anda. Anda mengutip brosur Kristen “Rahasia Jalan ke Surga” yang diterbitkan oleh penerbit palsu Dakwah Ukhuwah. Saya sudah menjawabnya dalam buku “Muallaf Membimbing Pendeta ke Surga” tahun 1999.



Samuel kekeuh menyangkal dan melanjutkan ceramah. “Yesus alias Nabi Isa adalah Tuhan yang menjelma menjadi manusia. Al-Qur’an mengakui bahwa Yesus bisa menyembuhkan orang buta sejak lahir. Bahkan Yesus bisa menghidupkan orang yang sudah mati. Mari kita renungkan. Selain Tuhan, siapa yang bisa memberi nyawa orang mati. Karena Yesus bisa menghidupkan orang mati, maka dia adalah Tuhan,” jelasnya.



Insan mengatakan, “Saya tahu, ayat al-Qur’an yang Anda maksud adalah surat Ali Imran 49 dan al-Ma’idah 110. Tapi ayat ini jangan dibaca sepotong-potong. Jika dibaca utuh, seluruh mukjizat Nabi Isa selalu diiringi kata “bi-idznillah” yang artinya seizin Allah. Jadi, mukjizat itu bukan karena kehebatan Nabi Isa tapi karena izin dan pemberian Allah. Karenanya, yang menyembuhkan dan menghidupkan itu bukan Nabi Isa tapi Allah SWT.”



Samuel tak bisa membantahnya, lalu ia beralih ke pembicaraan lain. Ia menyatakan, menurut Injil Lukas, tidak semua perbuatan Yesus ditulis dalam Injil. Karena tidak ada kitab yang bisa memuat seluruh ajaran Yesus. Insanpun menimpali, “Tolong Pak Pendeta baca, Injil Lukas yang dimaksud itu!”, “Wah, saya tidak hafal ayatnya, Pak,” jawabnya singkat.



“Tolong yang lain membaca Injil Lukas yang dimaksud,” pinta Insan. Karena tak ada yang menjawab, Insanpun menjawab sendiri. “Sebetulnya, ayat yang dimaksud Pendeta Samuel bukan Injil Lukas. Jika tak percaya silakan baca ayat itu,” kata Insan. Jemaat pun membaca ayat itu dan ternyata betul. Mereka makin gusar.



Ketika membuktikan ketuhanan Yesus sebagai orang yang tahu hari kiamat, Samuel mengutip terjemahan surat Luqman ayat 34: “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat.” Penasaran dengan banyaknya kutipan ayat yang dibaca terjemahannya saja, Insan minta agar Samuel membaca nas Arabnya

.



“Pak Pendeta, dari tadi Anda hanya membaca terjemahan ayat tanpa membaca nash Arabnya. Anda ngaku lulusan pesantren dan sarjana Islam, tolong baca nas Arabnya,” pintanya.



Pendeta yang selama ini mereka elukan, ternyata tak lebih pintar dari siswa TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an). Hadirin sebagian tertawa, geleng-geleng kepala atau bertepuk tangan. “Pak Samuel, bagaimana Anda bisa jadi pendeta dan ahli Islamomogi? Jika Anda tidak menguasai Bibel dan al-Qur’an? Mana mungkin Anda bisa memahami al-Qur’an jika Anda tidak bisa baca-tulis al-Qur’an? Tolong Anda beragama yang jujur saja, jangan menipu jemaat,” nasihat Insan.



Dialog pun tak berimbang, Jam 22.00 Wib acara berakhir. Tuan rumah mempersilakan hadirin menikmati makan malam. Terlanjur malu, Pendeta Samuel dan seorang pendeta pamit meninggalkan jemaatnya yang membaur bersama hadirin. Sambil menyantap makan malamnya, seorang jemaat yang ikut dengan Samuel berkomentar, “Katanya lulusan pesantren dan sarjana Islam, gak tahunya seperti ayam sayur,” ujar pria 60 tahun yang datang dari Depok itu

.



Kalo pendeta2 pengikut paulus kristen seperti ini apa pantas umat Islam berdiam diri?Masih untung para pengikut paulus kristen masih bisa melakukan kegiatan agamanya di Indonesia

25 komentar:

  1. 3 Pribadi Allah itu bukan hanya sekedar julukan saja, tetapi Allah Bapa, Alah Putra, Allah Roh Kudus adalah untuk menamai sesuai karyanya...

    Jika anda faham karyanya maka ada faham waktu anda membaca firmannya...
    Coba anda baca firman itu lagi dengan menggunakan keterangan TriTunggal diatas ya pak, agar anda segera mengenali Allah anda dalam bentuk manuisia dan menerima Isa sebagai Juru Selamat anda.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada juru selamat kawan,sedangkan tuhanmu tidak bs selamat dr tentara romawi.gmn mw selamatkan umat??fikir realistis aja yg bs di nalar manusia kawan.cb pkir sehat2 y kawan mn ad tuhan tunduk takut kpd malaikat prhnya lg smpe kluar keringet dingin??
      -mana ad tuhan teriak tuhan
      -apa lu tau kawan bahwa yesus puasa seminggu 2 x?
      -injil bukan untk semua umat tp hny untk bani israil saja.

      Hapus
    2. banyak bacot kau goblok..................
      10 juta......
      yesus lahir tgl 25 des

      Hapus
    3. @ac milan. koq marah mas... coba debat publik.
      Yesus lahir tanggal 25 desember tahun berapa dan ada buktinya ?

      Hapus
    4. Kalau kau bermaksud meyakinkan aku bahwa, pemuda Yahudi yang diludahi, disiksa, dipermalukan, dan dibunuh oleh sekelompok Yahudi sekitar 2000 tahun lalu adalah Tuhan, maka kau nggak lebih pintar dari domba.
      Dengan doktrin gila seperti itu, wajar kalo di dunia barat, orang2nya berlomba-lomba jadi atheist. Buatku, para atheist lebih bisa make akal dibanding para penganut Kristen.
      Untunglah Doktrin tentang ketuhanan dalam agama Islam simpel dan mudah dimengerti sehingga aku nggak perlu jadi atheist.

      Hapus
    5. sebenernya cuma masalah pandangan saja. mungkin di Islam hanya disebut Nabi Isa.....
      sedangkan kristen memperdalam ajaran Yesus itu yg di sebut perjanjian Baru.... inti dr semua itu adalah ALLAH. Yesus juga berdoa kepada ALLAH.
      Yesus di Utus ALLAH untuk menebus dosa. atau di sebut berkurban. dan dihidupkan kembali oleh ALLAH. yg Yesus ajarkan adalah CINTA KASIH. nah kalo islam mengikuti dr apa yg diajarkan oleh Nabi MOH. ujung 2nya emang ALLAH. BISMILLAH HIROMAN HIROHIM di islam di kristen ALLAH BAPA ALLAH PUTRA ALLAH ROH KUDUS. sebenernya apa yg di debatkan? jalankan saja masing2 agamnya karena setau saya ajaran agama islam tuch kalo yg bener 2 menjalankan ga akan sempat mengurusin hal2 yg lain. contoh sholat 5 waktu. sudah kah anda jalankan?

      Hapus
    6. saat tuhan jadi manusia / yesus, yang kawin juga, siapa yang mengurus alam semesta?

      Hapus
    7. Gue senang zina dan selingkuh. sebagai kristen perlukah gue tobat?

      Hapus
  2. Kalo saudara kita nasrani faham kitab mereka, mereka akan tahu bahwa umat islamlah yang menjadi pengikut yesus yang sejati, mereka hanya pengikut paulus alias saulus...
    percuma berdebat ama orang yang sudah di doktrin ( cuci otak ) dari kecil
    firman Allah :
    "Mereka tuli, bisu dan buta sehingga mereka tidak dapat kembali (padakebenaran)"
    (QS : AlBaqarah ayat 18 )

    BalasHapus
  3. kalian jgn bisanya cuma berargumentasi saja, kalau kalian merasa agama kalian paling benar & brnyali besar silahkan berdialog langsung dengan ustadz ihsan L mokoginta...
    berani ga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang tahu AKUN FB pak MOKOGINTA?

      Tlg Info ye.....karena saya ingin sekali berdialog dengan dia....yang katanya jago banget.....gue mau test sbrp jago dia.....

      Hapus
  4. ADA YANG BISA JELASIN PERKATAAN MUHAMMAD SBB :

    ISA FAA INNAHU ROHULLAH WA KALIMATUHU?

    Mengapa MUHAMAMD menyebutkan ISA FAA INNAHU ROHULLAH WA KALIMATUHU?bisa jawab?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai detik ini blm ada UMAT ISLAM yang dapat menjelaskan SECARA GAMBLANG....mengapa ISA DISEBUTKAN ROHULLAH DAN KALIMATULLAH....Silahkan bos.....

      Hapus
    2. Wallaahu a'lam. Nabi Isa AS disebut demikian karena Allah menciptakan beliau dengan langsung meniup ruh ke dalam rahim Maryam RA, tanpa seorang ayah. Yang pasti, Allah berfirman dalam Al Qur'an surat Al Ikhlas bahwa Allah itu "lam yalid wa lam yuulad" (tidak beranak dan tidak diperanakan). Jadi jelas bahwa Nabi Isa AS itu bukan anak Tuhan. Mas "Transformasi Indonesia", apakah di Alkitab anda, ada ayat yang menyatakan bahwa Yesus itu anak Tuhan? Kalau ada, mohon ditunjukkan.... 1 ayat... saja....

      Hapus
    3. Roh Allah berarti Roh milik Allah sedangkan Roh itu adalah ciptaan Allah. Jadi jangan dimaknai Roh adalah Allah. contohnya "Rumah Johan", berarti "Rumah milik Johan" dan bukan berarti Rumah adalah Johan.
      Wallaahu a'lam.

      Hapus
  5. Wallaahu a'lam. Nabi Isa AS disebut demikian karena Allah menciptakan beliau dengan langsung meniup ruh ke dalam rahim Maryam RA, tanpa seorang ayah. Yang pasti, Allah berfirman dalam Al Qur'an surat Al Ikhlas bahwa Allah itu "lam yalid wa lam yuulad" (tidak beranak dan tidak diperanakan). Jadi jelas bahwa Nabi Isa AS itu bukan anak Tuhan. Mas "Transformasi Indonesia", apakah di Alkitab anda, ada ayat yang menyatakan bahwa Yesus itu anak Tuhan? Kalau ada, mohon ditunjukkan.... 1 ayat... saja....

    BalasHapus
  6. mana bisa bos agamanya dari keturunan bapaknya mbahnya buyutnya cicitnya dan dari garis keturunannya tanpa mencari kebenaran artinya agama keturunan gitu

    BalasHapus
  7. Kristen yang belum dapat 10 juta dilarang berkomentar karna tidak bermutu.

    BalasHapus
  8. To: transformasi Indonesia.
    Dibberbagai forum debat teology,kemampuan mu dlm memahami alkitab saja masih MENTAH,apa ak malu mau nantang pak Ustadz Mokoginta berdebat??????

    Kau jawab sj soal mudah berikut ini:
    Kristen cerdas silahkan kemari bantuin si Transformasi Indonesia menjawab.

    Menurut keyakinan Kristiani, Paulus adalah rasul yang mulia danIstimewa, sebab ia telahdipilih tuhan dengan kasih dan karuniaNYa semenjak dalam kandungan ibunya, sebagaimanapengakuanPaulus dalamSuratPaulus kepada jemah di Galatia 1:15
    Tetapi waktu Ia yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan
    memanggil aku oleh kasih karunia-Nya,
    karena(KATANYA)Paulus adalah manusia pilihan tuhan maka diapun diyakini sebagai manusia yang paling sempurna ketaatannya kepada hukum tuhan. Sebagaimana pengakuannya dalamsuratnyakepada jemaah FIlipi 3:6
    “tentang kebenaran menaati hukum Taurat, aku tidak bercacat”
    Melihatsurat pauluskepada jemaah Filipi.3:6 dan kepada jemaah Galatia 1:15 diatas, maka perlu dipertanyakan “apakah seorang yang dipanggil tuhan sejak dalam kandungan yang sangat menaati hukum tuhan (Taurat) tanpa cacat, dapat menjadi seorangPENGHUJAT,KEJAM,PEMBUNUHyang teramat ganas tanpa batas? Sebagai mana pengakuanPaulus sendiri Kis.22:4-5
    DAN AKU TELAH MENGANIAYA PENGIKUT-PENGIKUT JALAN TUHAN SAMPAI MEREKA MATI; laki-laki dan perempuan kutangkap dan kuserahkan ke dalam penjara.
    Tentang hal itu baik Imam Besar maupun Majelis Tua-Tua dapat memberi kesaksian. Dari mereka aku telah membawa surat-surat untuk saudara-saudara di Damsyik dan aku telah pergi ke sana untuk menangkap penganut-penganut Jalan Tuhan, yang terdapat juga di situ dan membawa mereka ke Yerusalem untuk dihukum.
    1 Timotius 1:13
    aku yang tadinya seorangPENGHUJAT DAN SEORANG PENGANIAYA DAN SEORANG GANAS, tetapi aku telah dikasihani-Nya, karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar iman.
    Galatia 1:13
    Sebab kamu telah mendengar tentang hidupku dahulu dalam agama Yahudi:TANPA BATAS AKU MENGANIAYA JEMAAT ALLAH DAN BERUSAHA MEMBINASAKANNYA.
    Padahal paulus mengaku di pilih sejak dalam kandungan dan taat terhadap Hukum Taurat Tanpa cacat
    Salah satu peraturan terpenting dalam hukum Tuhan (Taurat) adalah dilarang membunuh !!!

    Ada yg bisa jelaskan??

    BalasHapus
  9. jangan menghakimi satu sama lain doong.. yesus pernah bilang saipa yang menghakimi akan dihakimi...

    BalasHapus
  10. 
    Semuanya Sudah Tertulis Di Alkitab ., Yesus Brkata Bahwa Akan Ada Nabi Palsu Yg Datang Membawa Nama Allah., Dia Akan Menyesatkan Manusia , Dia Membawa Manusia Kpda Peperangan., Dan Org2 Yg Prcya Kpda Yesus Akan Di Bunuh Dan Di Benci Semua Org, Ttpi Org Yg Brthan Sampai Pada Kesudahannya Ia Akan Selamat

    BalasHapus
  11. @Erwin Yohanes : Menurut kamu siapa nabi palsu itu ??.....Dialah PAULUS !...karena dia lah ajaran Yesus yang lurus menjadi sesat....dia rombak habis itu Injil....akhirnya dia sendiri menerima hukumannya...dia mati dipancung oleh Kaisar Nero. Tetapi ajaran2nya hingga kini masih diikuti oleh umat Kristen....coba kamu pelajari lagi kitab suci kamu yang jujur dan benar....jangan cuma menerima dogma2 dari pihak gereja begitu saja...teliti lagi....banyak sekali ayat2 yang kontradiksi satu sama lain dan sangat tidak masuk akal, termasuk ayat2 porno dan ayat2 sadis......

    BalasHapus
  12. ayo.... mau tanya apa... aku coba jawab ya.... (menurut logika dan akalku) hehehehe

    BalasHapus
  13. Jika orang2 kristen ini mau jujur, setiap kali mereka menyebut satu oknum dari trinitas, pasti di otak mereka tergambar satu karakter yang berbeda. Pertanyaannya, apa mereka mau jujur?. 1+1+1 = 1? Tidak logis, ga masuk akal..sarat dengan kelemahan..
    Alhamdulillah, saya terlahir sebagai muslim..agama yang benar. Dan Alquran itu benar2 firman Allah SWT. Tidak ada kontradiksi, tidak ada keraguan di dalamnya. Dan banyak fakta2 sains dalam alquran sudah terbukti kebenarannya. Moga anda2 yang kristen mendapat hidayah dari Allah SWT.

    BalasHapus
  14. Harap direnungkan lagi hal berikut ini.
    1. 3 okunum trinitas adalah karakter yang berbeda. Kepribadian yang berbeda. Hal itu tergambar di otak anda ketika menyebutkannya.
    2. Pribadi yang berbeda, jelas punya kemuan dan keinginan yang berbeda.
    Mustahil memaksakan karakter yang berbeda itu harus sama.
    3. Perbedaan itu berpotensi konflik yang dasyat..bisa anda bayangkan jika tuhan2 anda bertahan dengan kehendaknya masing2.
    2. Apakah mungkin tuhan menciptakan tuhan lagi. Sementara yang namanya Tuhan itu sendiri tidak ada yang menciptakan. Mungkin robot ciptaan menciptakan penciptanya sendiri? Jadi jangan lah memaksa sesuatu hal yang jangankan otak2 anda yang kristen, alkitab anda saja tidak mampu menjawab..karena alkitab sudah di"rusak" oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

    BalasHapus